7 Manfaat Mengikuti Pelatihan Kerja dari Program Kartu Prakerja Pemerintah

Meningkatkannya angka pengangguran yang terjadi belakangan ini sebenarnya memang bukan tanpa sebab. Melainkan disebabkan oleh pandemi virus Corona yang membuat banyak sektor mengalami kebangkrutan. Pada akhirnya mereka juga memutuskan untuk memangkas jumlah karyawannya, jadi membuat pengangguran juga kian membludak, sementara itu jumlah lapangan kerja yang tersedia juga begitu sedikit. Sehingga membuat banyak orang bersaing untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

 


Dalam fase ini pemerintah mulai membuat terobosan baru yaitu kartu prakerja, dimana nantinya bisa mendapatkan pelatihan intensif prakerja bagi mereka yang masih mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja. Bentuk pelatihannya juga sangat beragam, tentunya banyak juga manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya pelatihan prakerja ini, yaitu:

 

1. Membantu meningkatkan efektivitas kerja, karena dengan adanya karyawan yang terlatih maka nantinya bisa menggunakan bahan dan juga peralatan kerja secara lebih baik dan juga ekonomis jika dibandingkan dengan mereka yang tidak terlatih.


2. Meningkatkan produktivitas, karyawan yang sudah terlatih sebelumnya juga memiliki produktivitas lebih baik dibandingkan dengan yang masih pemula. Sehingga nantinya hasil pekerjaan juga lebih banyak, mempengaruhi kuantitas output yang dihasilkan.


3. Standarisasi prosedur, adanya karyawan yang terampil nantinya akan bisa mencapai target yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.


4. Menjadi minim pengawasannya, mempekerjakan seorang karyawan yang sudah terlatih memungkinkan perusahaan tidak perlu mengawasi secara ketat, karena memang mereka sudah ahli, hal ini dapat menghemat energi dan pastinya juga pengeluaran.


5. Keterampilan terasah secara lebih baik, hal ini juga bagus untuk meningkatkan keterampilan kerja, hal yang cukup sulit untuk didapatkan oleh perusahaan saat mempekerjakan karyawan baru yang belum berpengalaman.


6. Moral yang baik, tak hanya pelatihan keterampilan saja, melainkan juga moral di dalam dunia kerja. Hal ini dapat membentuk sikap loyalitas yang lebih besar.


7. Dapat menggunakan keterampilannya secara sistematis.

 

Anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang bermanfaat tersebut atau memilih pelatihan lain layaknya belajar bahasa inggris online di English First.

 

 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini