Baik Untuk Kesehatan, Ini Sederet Keistimewaan yang Dimiliki Espresso coffee

Bagi sebagian orang, espresso mungkin hanya secangkir kopi. Namun bagi sebagian yang lain, espresso adalah secangkir kenikmatan dan keistimewaan di setiap hisapannya. Espresso coffee sendiri merupakan minuman dari racikan biji kopi dengan citarasa yang sedikit pahit. Citarasa inilah yang membuat espresso memiliki karakter yang kuat bahkan ketika sudah dicampur dengan bahan-bahan lainnya.


Espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau cepat. Dinamakan demikian karena proses penyajian kopi ini relatif cepat. Dalam secangkir espresso, kamu akan mendapatkan banyak manfaat terutama untuk kesehatan. 

Memberikan Manfaat Kesehatan Bagi Penikmatnya

Untuk kamu yang belum tahu, espresso memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja itu? Di antaranya adalah berikut ini:

1. Bisa meningkatkan daya ingat

Manfaat yang pertama adalah bisa meningkatkan daya ingat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michael Yassa, dua gelas espresso mampu meningkatkan daya ingat yang berhubungan dengan memori jangka panjang.

2. Bisa meningkatkan fokus

Masih berhubungan dengan kemampuan kinerja otak, manfaat yang kedua adalah bisa meningkatkan fokus. Hal ini sejalan dengan kandungan kafein di dalam kopi yang bermanfaat untuk menghilangkan kantuk, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan kewaspadaan.

3. Bisa digunakan untuk diet

Espresso coffee juga sangat bisa digunakan diet karena kopi ini mengandung kalori yang rendah. Tanpa ditambah krim dan gula, setiap ons espresso hanya mengandung 3 kalori. Cocok untuk diminum bahkan oleh kamu yang sedang diet atau sedang dalam usaha menurunkan berat badan.

4. Menurunkan risiko penyakit berbahaya

Manfaat yang keempat adalah kopi hitam ini mampu menurunkan risiko penyakit berbahaya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menemukan bahwa kandungan antioksidan di  dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit stroke.

Selain penyakit stroke, kopi juga memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit diabetes. Harvard School of Public Health melakukan penelitian terkait manfaat kopi untuk kesehatan dan menemukan bahwa meminum kopi mampu menurunkan risiko seseorang mengalami penyakit diabetes tipe 2 jika dibarengi dengan rajin olahraga.

5. Bisa mencegah depresi

Manfaat yang kelima adalah bisa mencegah depresi. Kandungan antioksidan pada kopi mampu mengurangi peradangan pada otak yang menjadi pemicu terjadinya depresi.  

Nah, itulah manfaat meminum espresso dari sisi kesehatan. Kini kamu sudah tahu bahwa mengkonsumsi kopi ternyata bukan hanya untuk gaya-gayaan atau sekedar mengikuti trend. Kopi terbukti memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan kafein di dalam kopi juga membantu seseorang menjadi lebih produktif karena mampu mengurangi kantuk dan kelelahan.

Agar bisa dinikmati semua kalangan, kopi ini dibuat berbagai varian. Berbagai campuran ditambahkan untuk membuat citarasanya semakin nikmat dan tampilan yang semakin memikat.

Dibuat Berbagai Varian Sajian Kopi

Dari sebuah espresso, dibuat berbagai varian sajian kopi. Berikut ini beberapa di antara sajian minuman dengan bahan dasar espresso:

1. Espresso Macchiato

Espresso dengan tambahan kocokan krim di bagian atasnya.

2. Espresso Con Panna

Campuran antara kopi espresso,susu,dan susu berbuih di bagian atasnya.

3. Americano

Espresso murni yang diseduh dengan air panas tanpa campuran apapun.

4. Cappuccino

Espresso dengan campuran susu yang sudah diuapkan dan susu berbuih yang cukup banyak

5. Caffe Latte

Campuran espresso dengan susu yang sudah diuapkan

Itulah 5 jenis minuman yang diracik menggunakan espresso dan campuran bahan-bahan lainnya. Selain lima varian tersebut, masih banyak varian espresso coffee lainnya yang bisa kamu temukan. Kalau kamu paling suka yang mana?

Share:

1 komentar:

Terkini